Minggu, 13 Mei 2012

Cara Instal Oscommerce di XAMPP pada Windows

Sebelum anda menginstal OSCOMMERCE pastikan anda telah menginstal server lokal misalnya XAMPP yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.
Dan anda juga harus punya CMS OSCOMMERCE tentunya,bila anda belum memiliki bisa anda dapatkan di situsnya langsung di http://oscommerce.com atau bisa download disini.
Okeh langsung saja berikut langkah – langkah menginstal OSCOMMERCE CMS di XAMPP pada Windows PC/Laptop.

Langkah 1
Buat folder baru di C://xampp/htdocs dengan nama misalnya oskom. Lalu Extract CMS Oscommerce di folder tersebut.

Langkah 2
Buat database baru dengan nama oskom , Lalu klik Create untuk membuat database.















Langkah 3
Buka browser(firefox/Chrome) ketikan http://localhost/oskom . maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Lalu Klik Continue .











Langkah 4
Isi database server = localhost. Username = root, password = tidak usah diisi bila anda tidak memberi password pada xampp. Lalu Database Name = oskom (nama database pada langkah 2), Klik Continue untuk melanjutkan.










Langkah 5
Klik Continue , untuk melanjutkan.








Langkah 6
Isi store name = nama toko online anda, misalnya disini fashione1 . Lalu owner name = nama anda, email = email anda, administrator username = admin (atau terserah anda) , Password = password anda inginkan, directory beri saja nama admin. Lalu klik Continue.












Langkah 7
anda telah berhasil menginstal oscommerce pada pc/laptop anda, silahkan pilih Catalog untuk melihat website toko online anda atau Administration untuk menambah konten di toko online anda.
Jangan lupa sebelumnya anda hapus dulu instal directory yang ada di folder oskom. Ikuti langkah yang ada pada gambar dibawah ini.











Berikut tampilan website anda bila anda pilih Catalog pada langkah sebelumnya.


1 komentar:

  1. gan kenapa saya tidak bisa menginstal os commerce
    saat saya masuk ke localhost/oscommerce/cactalog ada masalah dengan mysqql
    tolong gan petunjuknya

    BalasHapus