Minggu, 13 Mei 2012

Cara Instal Joomla CMS di XAMPP pada Windows


Menginstal Joomla tidak jauh beda dengan menginstal Wordpress pada artikel saya sebelumnya.  Bila anda belum mempunyai CMS Joomla silahkan download disini.
Berikut langkah – langkah menginstal Joomla :

Langkah 1
Buat database (http://localhost/phpmyadmin) dengan nama jumla (bisa diubah sesuai keinginan), lalu klik Create. (Lingkaran Merah)

















Langkah 2
Buat folder baru di C://xampp/htdocs dengan nama sesuai keinginan anda,  disini saya namakan misalnya jumla. Lalu extract cms Joomla yang telah anda download ke folder yang baru anda buat tadi (disini contohnya jumla). Lihat gambar.
























Langkah 3
Buka browser anda lalu ketik http://localhost/jumla(atau nama folder yang anda buat). Lalu Klik Next (lihat lingkaran merah).














Langkah 4
Maka akan muncul seperti gambar dibawah, langsung Klik Next saja. (Lihat lingkaran merah).










Langkah 5
Lewati saja dengan Klik Next. (Lihat lingkaran merah pada gambar).











Langkah 6
Isi form berikut dengan Host Name = localhost, Username = root, Password (kosongkan saja bila pada saat penginstalan xampp anda tidak memberikan password), lalu Database Name = jumla (atau nama data base yang anda buat). Lalu Klik Next (Lingkaran Merah).













Langkah 7
Klik Next saja. (Lihat lingkaran merah pada gambar).










Langkah 8
Isi form berikut dengan Site Name = nama website anda(misalnya disini Fashione1), Email = alamat email anda, admin username = admin (atau bebas terserah anda karena ini akan digunakan pada saat login) dan password = password anda (untuk login nanti jadi harus diingat). Setelah semua diisi klik Next (Lingkaran Merah).
















Langkah 9
Anda sudah berhasil menginstal Joomla, tetapi sebelum anda ke langkah selanjutnya klik Remove installation folder (lingkaran merah) agar tidak terjaid re-instal pada CMS Joomla yang baru saja anda instal. Lalu klik Site (tanda panah merah) untuk melihat website anda.













Langkah 10
Inilah tampilan website anda menggunakan CMS Joomla, Silahkan Login untuk mengubah template dan lain-lain sesuai keinginan anda untuk merubahnya.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar